FKIP Adakan Sosialisasi SAPTO

Posted on

Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan sosialisasi berkaitan dengan “Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO)” yang berlangsung pada hari Rabu, 31 Januari 2018 dimulai dari jam 13.00 s.d 15.00 di Gedung Kuliah Lantai 3 FKIP Ciwaru.
Kegiatan yang mengundang masing – masing Ketua Jurusan ini dibuka oleh Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, dengan narasumber Moh. Fawaid, M.T., dan Siti Romlah Noer Hodijah, M.Pd.
SAPTO adalah sistem baru dari BAN-PT, yang sudah mulai berlaku sejak April 2017. Prodi dan perguruan tinggi sudah harus menggunakan SAPTO yang berbasis PDPT. Ketua Jurusan penting menghadiri kegiatan ini karena sistem SAPTO lebih efisien dibandingkan dengan sistem manual yang selama ini digunakan. Dalam penggunaan SAPTO, waktu yang digunakan lebih efisien dan lebih tersistem antara perguruan tinggi dengan BAN-PT. Penggunaan sistem ini juga sangat hati-hati terutama dalam mengisi setiap item yang ada dalam instrumen SAPTO, karena semua data borang dalam SAPTO harus berbasis data PDPT, sehingga akan terjadi link informasi antara perguruan tinggi, BAN-PT, dan PDPT Dikti.
Berikut ini adalah informasi-informasi yang terkait penerapan SAPTO:
1. Surat BAN PT nomor: 1041/BAN PT/LL/2017 perihal Penerapan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Download
2. Surat BAN PT nomor:1812/BAN PT/LL/2017 perihal Pengusulan Akreditasi Menggunakan SAPTO. Download
3. Petunjuk penggunaan SAPTO dan instrumen akreditasi online dapat diunduh/download di laman utama SAPTO : https://sapto.banpt.or.id/