Pelatihan Keuangan Kemahasiswaan FKIP

Posted on

Kegiatan Pelatihan Keuangan ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Bidang Kemahasiswaan FKIP dengan tujuan agar peserta mendapat pengetahuan tentang pengelolaan keuangan  organisasi sehingga dapat merencanakan, mengendalikan, dan mempertanggungjawabkan keuangan organisasi. Acara ini diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 9 Maret 2018 bertempat di Aula Serba Guna Lantai 3 pukul 14.00 WIB. Acara yang dihadiri oleh para pimpinan Ormawa FKIP ini dibuka dengan membaca basmalah, setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Untirta. Setelah itu, Dekan FKIP memberikan sambutan sekaligus membuka acara, dalam sambutannya Dekan FKIP berkata bahwa seharusnya yang hadir pada kesempatan ini bersyukur karena telah diberikan amanat sebagai pengurus Ormawa, karena tidak semua mahasiswa FKIP dapat menjadi pengurus Ormawa. Beliau juga berkata amanat ini harus dilakukan dengan percaya diri dan mementingkan keperluan mahasiswa, karena beliau sendiri pun dahulu adalah seorang pengurus Ormawa. Lebih lanjut lagi beliau bercerita bahwa dulu ingin mengadakan kegiatan itu susah karena tidak ada dana dari Universitas, sehingga harus membuat proposal dan mengajukan ke pemerintah.

“FKIP akan terus kita kembangkan”, ujar Dekan FKIP. Tahun ini FKIP memiliki rencana untuk memindahkan laboratorium terpadu yang masih berada di kampus Pakupatan, oleh karena itu FKIP akan terus memperluas lahan di sekitar lingkungan FKIP untuk dibuat Masjid, DKM, Teater Terbuka, dan PKM.  Tahun kemarin PPL sudah dilakukan di Thailand, ke depannya beliau ingin PPL dilakukan di Singapura atau Malaysia. Harapan beliau adalah mahasiswa dapat terlibat pada penelitian dosen, dan jika memungkinkan, dibuat anggaran khusus untuk penelitian mahasiswa, karena akan sangat berpengaruh terhadap borang. “Kita semua berjuang dan semoga dengan doa dari semua, bisa terwujud dan berhasil” tutup Dekan FKIP dalam sambutannya. Setelah sambutan Dekan, dilanjutkan dengan penyerahan inventaris untuk Ormawa yang diserahkan oleh Dekan FKIP kepada perwakilan Ormawa.

Penyerahan Inventaris

Setelah itu, materi disampaikan oleh narasumber Dadang Saputra selaku BPP FKIP, secara garis besar narasumber menjelaskan mengenai mekanisme pencairan uang, jenis – jenis pencairan uang, dan jangka waktu pencairan dana yang dibutuhkan oleh mahasiswa jika ingin mengajukan kegiatan.