728 x 90

Konser JES Menginspirasi Jurusan Pendidikan Sendratasik

Konser JES Menginspirasi Jurusan Pendidikan Sendratasik

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berkesempatan menerima kedatangan rombongan dari Jakarta Enam Senar, Jakarta Enam Senar adalah sebuah ansambel gitar yang membawakan repertoar klasik. Pertunjukan yang bertajuk “Konjer Java JES” ini menjadi konser tunggal yang dilaksanakan pada tahun 2018, dengan mengelilingi Pulau Jawa untuk pertama kalinya dalam sejarah Jakarta Enam Senar, konser ini akan dilakukan di 5 universitas ternama di Pulau Jawa, dan Untirta berada dalam urutan ke dua yang dikunjungi oleh JES pada hari Senin tanggal 2 April 2018 setelah sebelumnya JES tampil di Universitas Negeri Jakarta pada 27 Maret 2018.

Pertunjukan dari kelompok beranggotakan 25 orang yang membawakan lagu-lagu klasik ini diadakan di Auditorium Gedung B lantai 3 Kampus A Pakupatan dengan didampingi oleh seorang dosen pembimbing Drs. Arly Budiono. Dalam sambutannya, beliau merasa senang dapat diterima untuk dapat tampil di Untirta yang merupakan tempat ke dua. Beliau juga berkata bahwa acara ini adalah ajang berbagi ilmu, diharapkan dapat menjadi masukan bagi Jurusan Pendidikan Sendratasik untuk peningkatan akreditasi. Lebih lanjut, Pak Arly yang merupakan dosen Pendidikan Musik menjelaskan bahwa anggota JES campuran mahasiswa aktif dan alumni, beranggotakan 25 orang namun yang ikut dalam konser ini hanya 13 orang. Akhir kata beliau berharap kegiatan ini menjadi kesan yang positif untuk jurusan Sendratasik.

Suhaya, S.Sn., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sendratasik berkata bahwa inspirasi dan harapannya di Prodi Pendidikan Sendratasik adalah membuat departemen musik tersendiri untuk memfasilitasi calon musikus yang ada di prodi Sendratasik. Beliau juga memohon doa agar akreditasi yang akan dilaksanakan berhasil dengan baik. Lebih lanjut beliau menjelaskan yang ikut berkontribusi dalam acara kali ini adalah mahasiswa semester 4 dan 6 Jurusan PG PAUD yang akan menyuguhkan pertunjukan musik angklung. Sebagai penutup, Bapak Suhaya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arly beserta rombongan, dan berharap Jurusan Pendidikan Sendratasik bisa belajar banyak agar mahasiswanya dapat keliling seperti mahasiswa UNJ.

Penampilan Tirta Angklung PG PAUD

Selanjutnya adalah penampilan dari Tirta Angklung PG PAUD membawakan lagu “Ambilkan Bulan” dan “Anak Kami”. Lanjut pada acara inti adalah penampilan dari Jakarta Enam Senar yang membawakan 8 lagu, yaitu Bradenburg Concerto no. 3 1st Movement By J. S. Bach, Nutcracker Suite: Characteristic Dance By Pyotr Tchaikovsky, 4.6.24 By Martin Renatus Nadapdap,  dan Grise Y Soles By Maximo D. Pujol, Acerca del Cielo, el aire de y La Sonrisa By Leo Brouwer, a Furiosa By Paulo Bellinati, Blue Ocean/Echo By Chet Atkins, Sang Bango By Benyamin Sueb arrangement By Ricky Oktariza Hermansyah.

Penampilan Jakarta Enam Senar

Acara diakhiri dengan penampilan dari Tirta Angklung PG PAUD dengan membawakan lagu “Cicak-cicak di Dinding” dan “Sipatokaan”, setelah itu penyerahan plakat dan foto bersama. Dari Untirta, rombongan JES akan berkunjung ke Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Penyerahan Cinderamata

Posts Carousel