728 x 90

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Matematika

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Matematika

Tanggal 18 April 2018 bertempat di Aula lantai 3 Kampus Ciwaru, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta mengadakan Pelatihan Pendampingan Olimpiade Matematika bagi Guru Matematika se-Kota Serang. Acara di awali oleh laporan dari Ketua Pelaksana yaitu Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd. Beliau mengatakan kegiatan pengabdian ini adalah salah satu program jurusan matematika yang telah direncanakan dari tahun lalu, karena dosen wajib melakukan tridharma perguruan tinggi, yaitu mengajar, meneliti dan mengabdi. Alasan pengabdian ini dilakukan ke guru-guru adalah karena guru sangat mudah untuk diajak sharing terhadap hal-hal yang update. Kami sangat bersyukur antusiasme teman-teman dari MGMP Kota Serang sangat tinggi, awalnya meminta untuk 20 orang ternyata ada 50 orang yang berminat. “Paling tidak ingin mengadakan kegiatan seperti ini setiap satu semester sekali, mudah-mudahan bias sharing mengenai hal-hal yang lain” tutup Bu Heni.

Selanjutnya adalah sambutan dari Dekan FKIP Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. sekaligus membuka kegiatan ini, dalam sambutannya Dekan FKIP mengucapkan elamat datang di FKIP, Jurusan Pendidikan Matematika adalah 1 dari 19 prodi yang ada di FKIP, dan generasi kedua setelah PLS dan PBI. FKIP sedang menyusun program PDS yaitu Program Dosen ke Sekolah, diharapkan dosen berada di sekolah selama 1 hari dalam 1 minggu dan pada saat penyusunan kurikulum mengundang MGMP untuk menyusun profil lulusan, agar kita mengetahui lulusan seperti apa yang diharapkan. Semoga di yang akan datang Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untirta akan diisi oleh guru-guru matematika di Kota Serang. “Untirta harus hadir di tengah guru kalau tidak pincang. FKIP harus hadir di tengah guru, kalau tidak kekurangan” pungkas Dekan FKIP dalam sambutannya.

Acara yang dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Pendidikan Matematika dan anggota MGMP Matematika SMP Kota Serang ini dilanjutkan dengan penjelasan, pembahasan, dan latihan soal olimpiade matematika oleh dosen-dosen Pendidikan Matematika yaitu, Dr. Anwar Mutaqin, M.Si., Dr. Syamsuri, M.Si., dan Indiana Marethi, M.Pd.

Dr. Anwar memaparkan mengenai Problem Solving, Dr. Syamsuri menjelaskan mengenai Geometri, dan Indiana Marethi menjelaskan mengenai Aljabar. Diselingi dengan diskusi dan tanya jawab, kegiatan ini diakhiri pukul 12.00 WIB. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah guru-guru SMP dapat mendampingi siswa-siswi dalam menghadapi Olimpiade.

Masing – masing Narasumber menyampaikan materi

 

Posts Carousel