728 x 90

A. Tujuan dan Peran Laboratorium Bahasa
Keberadaan Laboratorium Bahasa di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bertujuan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (praktikum pembelajaran bahasa) di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan dan Sastra Bahasa Indonesia. Laboratorium Bahasa ini juga difokuskan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan bahasa mahasiswa dan dosen juga civitas akademik Untirta agar bisa mengeksplorasi dan menggunakan bahasa sesuai fungsinya baik dalam situasi formal ataupun tidak formal.
Laboratorium bahasa juga mempunyai peran yang strategis sebagai tempat pelayanan akademik khususnya pelayanan terkait pada pelatihan dan pengembangan bahasa baik bahasa lokal, nasional maupun bahasa asing kepada sivitas akademika Untirta dan masyarakat luas. Bakat serta minat mahasiswa ataupun sivitas akademik Untirta juga bisa terasah dan tereksplorasi dengan baik dengan melakukan bimbingan juga arahan dari dosen profesional yang mumpuni di bidangnya.
Pembelajaran yang dilaksanakan pada laboratorium ini merupakan jenis pembelajaran interaktif yang memerlukan adanya keaktifan antara dosen dan mahasiswa juga adanya komunikasi dua arah dengan sesama mahasiswa. Mengingat pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa, baik bahasa lokal, nasional dan bahasa asing bagi sivitas akademika dan layanan masyarakat pada umumnya, maka pengajaran secara formal sangat menentukan keberhasilan peningkatan keterampilan berbahasa tersebut baik keterampilan berbicara, menyimak, menulis dan membaca. Oleh karena itu, keberadaan Laboratorium Bahasa akan mendukung kemajuan personal dan profesional pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.

B. Fasilitas Laboratorium Bahasa
1. Lokasi : terletak di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
2. Denah : 112 M2
3. Fasilitas :
a. Ruang Praktikum (dilengkapi 1 set komputer Instruktur, 20 set komputer klien, 21 headset, 1 meja dan 1 kursi instruktur, 20 meja dan kursi klien, proyektor dan layar proyektor, White board, speaker ruangan, microphone, TV LED, CCTV dan AC)
b. Ruang Baca sekaligus ruang rapat dosen dan ruang bimbingan akademik mahasiswa (dilengkapi CCTV, AC, Kursi dan meja untuk membaca, lemari yang diisi dengan buku-buku Non fiksi dan fiksi berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia, dan skripsi mahasiswa)
c. Ruang rapat Ketua Laboratorium dan Asisten Laboratorium pengampu praktikum mata kuliah bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (dilengkapi ruang ibadah, toilet, kursi dan meja, whiteboard kecil kaki tiga, AC dan aircooler)

C. Pelayanan Laboratorium Bahasa
Pelayanan di laboratorium ini berupa pelatihan dan pengembangan keterampilan bahasa, konsultasi juga bimbingan terkait kemampuan dan keterampilan bahasa, membaca dan diskusi terkait eksplorasi bahasa, penggunaan tempat, peralatan, bahan habis pakai, dan kepakaran untuk keperluan praktikum, penelitian/pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium Bahasa melayani civitas akademik untirta setiap hari di jam kerja (Senin-Jum’at) pukul 07.30-17.00 WIB.

D. Pengguna
Pengguna Laboratorium Bahasa adalah Acivitas akademisi untirta yang secara teknis sudah memenuhi administrasi untuk melakukan praktikum/ penelitian/ pengujian di laboratorium. Penjelasan spesifiknya berikut:
1. Mahasiswa adalah mahasiswa jurusan/fakultas di lingkungan UNTIRTA yang masih aktif dan masih tercatat sebagai mahasiswa UNTIRTA dengan memenuhi persyaratan administrasi yang berlaku di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
2. Dosen adalah tenaga pendidik pada universitas yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar dan memberikan bimbingan akademik. Dosen berkewajiban melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk membina dan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang JAWARA yaitu Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel yang siap berkompetisi dalam keahlian bahasanya.
3. Asisten Laboratorium adalah Mahasiswa yang sudah mengikuti seleksi asisten lanoratorium bahasa ditugaskan untuk membantu dosen dalam kegiatan praktikum. Laboran adalah seorang tenaga fungsional sesuai persyaratan pendidikan dan keahliannya bertugas memfasilitasi dosen dan asisten laboratorium dalam kegiatan praktikum.
4. Praktikan adalah mahasiswa peserta praktikum yang terdaftar secara sah dan telah memenuhi persyaratan administrasi mengikuti praktikum mata kuliah tertentu di laboratorium bahasa. Praktikum adalah kegiatan tatap muka yang dilakukan antara dosen/asisten dan mahasiswa yang menekankan pada aspek psikomotorik (keterampilan), kognitif (pengetahuan), dan afektif (sikap) dengan memaksimalkan peralatan di laboratorium, yang diselenggarakan dalam satu semester secara terjadwal.