728 x 90

Kepala Laboratorium
Rahmat Firman Septiyanto, M.Si.
NIP 198709042015041001

DESKRIPSI
Laboratorium Sains Fisika merupakan satu dari beberapa Laboratorium yang berada dalam naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNTIRTA. Sesuai dengan namanya, Laboratorium Sains Fisika difungsikan untuk memenuhi tuntutan-tuntutan kefisikaan baik berupa materi, kegiatan rutin praktikum, hingga penelitian. Selain tiga kegiatan inti tersebut, Laboratorium Sains Fisika memiliki kegiatan pembeda dengan laboratorium pada umumnya. Dari segi fasilitas, Laboratorium Sains Fisika masih terus memenuhi tuntutan materi walaupun hingga saat ini fasilitas yang ada sudah hampir lengkap diantaranya KIT Optik, KIT Listrik Magnet, KIT Gelombang, KIT Hukum Ohm, dan alat-alat lain yang terpisah satu dengan lainnya. Dengan fasilitas yang ada hingga saat ini, pihak Laboratorium berharap dapat membantu mengimplementasikan Visi Misi Universitas dan Tri Darma Perguruan Tinggi.

TUJUAN
1. Mendukung visi dan misi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang maju , bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan tahun 2025.
2. Melibatkan peran sivitas akademika dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Struktur Organisasi Lab. Sains Fisika

TUPOKSI ORGANISASI LABORATORIUM
A. Kepala Laboratorium:
1) Memimpin penyelenggaraan kegiatan laboratorium
2) Bertanggung jawab atas penyelenggaraan dan pengembangan prasarana dan sarana dilaboratorium
3) Membuat laporan kegiatan tiap akhir semester

B. Asisten
1) Membantu kepala laboratorium dalam melaksanakan kegiatan praktikum
2) Membuat peraturan laboratorium yang berlaku di lingkungan laboratorium
3) Melaksanakan pembimbingan dan asistensi kepada praktikan dalam rangka pembuatan laporan praktikum
4) Menjaga kebersihan, keamanan, memelihara dan merawat peralatan dan prasarana yang ada di laboratorium
5) Berperan aktif dalam pengembangan aktifitas laboratorium

Untuk mempermudah dan meringankan kinerja, Asisten Laboratorium Sains Fisika dibentuk menjadi beberapa bagian, yaitu :

A. Bagian Informasi
Bagian Informasi berfungsi menyebarluaskan informasi dari Laboratorium Sains Fisika baik kedalam maupun keluar, sepert jadwal rapat koordinasi dan evaluasi, jadwal praktikum, pengadaan kegiatan (event), dan mengatur kegiatan internal Laboratorium guna menjaga stabilitas kepengurusan.

B. Bagian Ketenagaan
Bagian Ketenagaan bertugas mengontrol ketersediaan alat dan bahan, serta berkoordinasi dengan bagian sekretaris untuk pendataan alat dan bahan yang tersedia, rusak, maupun tidak tersedia. Selain itu, Bagian ini memiliki wewenang dalam penataan ruang laboratorium agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengganggu kegiatan inti yakni prkatikum.

C. Bagian Teknis
Bagian Teknis merupakan bagian yang paling banyak tugas nya yang berkesinambungan. Tugas-tugasnya meliputi pembuatan jadwal praktikum, jadwal eksplore materi, pembuatan peraturan praktikum dan lain sebagainya. Bagian ini bergerak khusus dalam persiapan dan pelaksanaan praktikum.

PROGRAM KERJA
1) Kegiatan Rutin Tiap Semester
Persiapan dan pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar dan Elektronika Dasar yang sesuai dengan kurikulum serta silabus mata kuliah tersebut.

2) Kegiatan Jangka Pendek
• Inventarisasi peralatan yang berkaitan dengan praktikum serta perawatan dan perbaikan peralatan yang masih layak untuk digunakan.
• Inventarisasi peralatan yang tidak layak serta membuat daftar pengajuan peralatan pengganti.
• Evaluasi modul Praktikum serta perbaikannya.
• Evaluasi kegiatan selama pelaksanaan praktikum untuk memperbaiki kinerja asisten.

3) Kegiatan Jangka Panjang
Menjalin hubungan kerjasama dengan laboratorium baik di dalam maupun di luar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

4) Kegiatan Event
Mengadakan acara Open Laboratory sebagai wujud kepedulian terhadap penerapan konsep fisika serta untuk memperbaiki pendidikan khusus di bidang Fisika wilayah Banten