728 x 90

Kepala Laboratorium
Alis Triena P, S.Sn., M.Pd.
NIP 198205302006042001

DESKRIPSI
Laboratorium Seni dan Budaya merupakan salah satu laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Laboratorium ini memberikan kemudahan mengakses sumber belajar yang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan di lingkungan FKIP UNTIRTA, sehingga mahasiswa mampu mengembangkan bakat dan potensinya di bidang seni, baik seni musik, seni tari, teater, dan seni rupa. Sebagai bagian dari kegiatan utama akademik, laboratorium seni dan budaya berfungsi memberikan pelayanan akademik dalam pembelajaran seni dan budaya yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa. Dapat dikatakan bahwa fungsi pelayanan laboratorium ini untuk peningkatan mutu pendidikan dan keterampilan dosen dan mahasiswa dalam berpraktik seni dan budaya sebagaimana dikembangkan dalam kurikulum. Laboratorium seni dan budaya dikelola berdasarkan profesonalitas untuk mendukung suasana (atmosfer) akademik dan menunjang tercapainya kompetensi dasar mahasiswa dalam praktik dengan harapan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan kreativitasnya.

TUJUAN
1. Mengembangkan program pembelajaran bidang seni di lingkungan FKIP UNTIRTA.
2. Mengembangkan media pembelajaran audio visual melalui pemanfaatan sarana dan prasarana laboratorium.
3. Meningkatkan keterampilan secara profesional (profesional profesiency) dalam bidang seni melalui pemanfaatan sarana dan prasarana laboratorium seni dan budaya.

Fasilitas
Laboratorium Seni dan Budaya terletak di Kampus Ciwaru. Secara fisik,ruangan di laboratorium ini meliputi ruang musik (Laboratorium Sendratasik 1) dan ruang kaca (Laboratorium Sendratasik 2). Ruangan-ruangan tersebut digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran mahasiswa, baik di ranah akademis, maupun praktik.

Laboratorium Sendratasik 1

Laboratorium Sendratasik 2 (Ruang Kaca)

Pelayanan
Pelayanan di laboratorium ini berupa penggunaan tempat, peralatan, bahan habis pakai, dan kepakaran untuk keperluan praktikum, penelitian/ pengabdian kepada masyarakat.

Pengguna
Pengguna Laboratorium Seni dan Budaya adalah mahasiswa/dosen yang telah memenuhi persyaratan teknis dan administrasi untuk melakukan praktikum/penelitian/pengujian di laboratorium. Mahasiswa adalah mahasiswa jurusan/fakultas di lingkungan UNTIRTA yang masih aktif dan masih tercatat sebagai mahasiswa UNTIRTA dengan memenuhi persyaratan administrasi yang berlaku di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Dosen adalah tenaga pendidik pada universitas yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar. Dosen berkewajiban melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk membina peserta didik menjadi manusia yang berkeahlian, terampil, cakap, berbudi luhur dan bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mangamalkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan umat manusia.
Asisten adalah seseorang yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahlian ditugaskan membantu dosen dalam kegiatan praktikum. Laboran adalah seorang tenaga fungsional yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya bertugas memfasilitasi dosen dan asisten dalam kegiatan praktikum.
Praktikan adalah mahasiswa peserta praktikum yang terdaftar secara sah dan telah memenuhi persyaratan administrasi mengikuti di laboratorium. Praktikum adalah kegiatan tatap muka yang dilakukan antara dosen/asisten dan mahasiswa yang menekankan pada aspek psikomotorik (keterampilan), kognitif (pengetahuan), dan afektif (sikap) dengan menggunakan peralatan di laboratorium atau tempat lain yang ditentukan, yang diselenggarakan dalam satu semester secara terjadwal.