728 x 90

Kepala Laboratorium
Sulaeman Deni R, M.Pd.
NIDN 0030039001

VISI
Menjadi Laboratorium Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Yang Memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan Pada Bidang Vokasi Teknik Mesin Dan Otomotif

MISI
1. Menyelenggarakan layanan bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan praktikum dan penelitian di Bidang Vokasi Teknik Mesin dan Otomotif.
2. Mengembangkan keahlian dan keterampilan di Bidang Vokasi Teknik Mesin dan Otomotif dalam bentuk pelatihan bagi sivitas akademika Vokasi Teknik Mesin.
3. Menyelenggarakan Unit Produksi Pada Bidang Vokasi Teknik Mesin dan Otomotif Sebagai Sarana Aktualisasi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin.

TUJUAN
1. Melaksanakan praktikum yang menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian bagi dosen dan mahasiswa.
2. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk civitas akademik Untirta sebagai upaya meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam bidang vokasi teknik mesin dan otomotif.
3. Mengembangkan unit produksi di Laboratorium untuk Mendukung Pelaksanaan Teaching Factory.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
1. Kepala Laboratorium
Kepala Laboratorium bertanggung jawab kepada Dekan, sedangkan kewajibannya adalah menyusun dan menata laboratorium untuk keperluan riset dan pendalaman materi ajar.
2. Laboran
Laboran merupakan Unit Pelaksana Teknis yang bertanggung jawab menyediakan fasilitas laboratorium untuk kegiatan pendidikan praktik di laboratorium pendidikan vokasional teknik mesin
3. Kepala Divisi Peralatan
Pihak yang bertanggung jawab terhadap peralatan yang berada di dalam Lab Pendidikan Vokasi Teknik Mesin. Divisi Peralatan bertugas sebagai: (1) Mengurus SOP Peminjaman Alat Laboratorium, (2) Mengurus SOP pengajuan alat bengkel, (3) Membuat Inventarisasi dan perawatan Alat (Alat ukur, Hand Tools, Pengelasan, Media Praktik, Engine).
4. Kepala Divisi Bahan dan Hasil Praktik
Pihak yang bertanggung jawab terhadap pengajuan bahan untuk menunjang peraktik di laboratorium vokasi teknik mesin serta merapihkan hasil peraktik. Divisi bahan dan hasil peraktik bertugas sebagai, (1) Membuat SOP permohonan bahan praktik, (2) Pendataan Penggunaan bahan masuk dan keluar, (3) Membuat SOP Pengelolaan Hasil Praktik.
5. Kepala Divisi Praktikum
Pihak yang bertanggung jawab mengelola proses peraktikan dan membuat jadwal peraktik. Divisi peraktikum bertugas sebagai, (1) Membuat SOP Praktikum, (2) Membuat Peraturan Bengkel, (3) Mengatur dan membuat SOP Penerimaan Aslab, (4) Membuat Peraturan Aslab, (5) Membuat Pengembangan Modul dan Jobsheet mata kuliah praktikuM, (6) Membantu Penelitian dosen dan mahasiswa.
6. Kepala Divisi Unit Produksi
Pihak yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan produksi di Labortorium Vokasi Teknik Mesin. Divisi Unit Produksi berfungsi sebagai, (1) Membuat SOP Permohonan Jasa Unit Produksi Bengkel PTM, (2) Membuat SOP Penjualan produk serta merekap bahan dan membuat rencana anggaran biaya.