728 x 90

SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

Pada awal berdiri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membina 2 (dua) program studi yaitu: Program Studi Administrasi Pendidikan (AdPend) dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dengan jenjang pendidikan Sarjana (S.1). Kedua program studi ini dengan status terdaftar dengan Nomor: 377/DIKTI/KEP/1992. Program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berlokasi di Serang, dan Program Studi Administrasi Pendidikan di Pandeglang. Program Studi Administrasi Pendidikan mengalami fisingout oleh pemerintah, sehingga sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang tidak menerima mahasiswa baru lagi. Pada masa menjelang fisingout tersebut tercetus ide bersama untuk mengganti program studi dan berdirilah Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia pada tahun 1986. Karena ada beberapa kendala untuk mengurus status akreditasinya, maka Program Studi Diksatrasia bermerger dengan STKIP Galuh Ciamis. Sesuai dengan dinamika yang terjadi Program Studi Diksatrasia pada tahun 1990 beralih lokasi Operasional perkuliahan dari Pandeglang ke Serang sampai dengan sekarang. Baru pada tahun 1994 Prodi Diksatrasia memperoleh status terdaftar dengan surat keputusan Mendikbud RI nomor: 226/DIKTI/KEP/1992.
Tuntutan kebutuhan masyarakat terus berkembang terhadap FKIP dan untuk menjawab hal itu, maka pada tahun 1994 dibuka Program Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) dengan surat keputusan yayasan Pendidikan Tirtayasa. Berikutnya, pada tahun 2004 dibuka juga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1) dengan izin operasional Dikti Depdiknas RI nomor: 1254/D/T/2003. Pada tahun 2002 dibuka kembali dua Program Studi yakni Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika sekaligus mengusulkan status D.2 PGTK dan keluarlah izin operasional ketiga program studi itu dengan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI nomor: 2098/D/T/2004, akan tetapi sekarang program D.2 PGTK telah diubah menjadi Program S.1 PG PAUD dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 105/D/O/2010.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menerima amanah penyelenggaraan Jurusan baru melalui surat Dirjen Dikti Kemdikbud Republik Indonesia Nomor : 343/E.E2/2014, tanggal 11 April 2014, yakni Jurusan: Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidiksn IPA, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi. Dengan demikian, sampai dengan tahun 2014, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah memiliki 18 (delapan belas) jurusan, yaitu : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Dikstrasia), Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Biologi, Jurusan Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB), Jurusan Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Jurusan Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan Elektro dan Jurusan Pendidikan Mesin.