728 x 90

Ketua Jurusan
Dr. Dase Erwin J, M.Pd.
NIP 197707262003121000

Visi
Menjadi Program Studi yang maju, bermutu, berkarakter, berdaya saing dalam kebersamaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam percaturan nasional dan regional sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi pada tahun 2025.

Sekretaris Jurusan
Farid Ibnu Wahid, M.Pd.
NIP 197902072008121002

Misi
Berdasarkan visi di atas Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjabarkan misi sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi kepribadian, pedagogi, profesional, dan sosial sebagai calon guru bahasa dan sastra Indonesia atau profesi tertentu (misal: jurnalis, editor, pengarang) yang berwawasan nasional dan regional.
2. Menjembatani pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia antara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan melalui penelitian untuk mendapatkan temuan analitis dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam bentuk publikasi seminar hasil atau jurnal ilmiah.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kepekaan sosial dan intelektual dan mendapatkan inspirasi untuk pengembangan lembaga dan lulusan yang berbasis pengalaman di lapangan masyarakat.

Tujuan
Berdasarkan Visi dan Misi di atas, tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah:
1. Meningkatkan profesionalisme serta kompetensi dosen dan staf kependidikan guna menghasilkan pendidikan, pembelajaran, dan pelayanan yang berkualitas.
2. Meningkatkan kompetensi dosen dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
3. Meningkatkan kualitas prestasi dan partisipasi mahasiswa pada berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang relevan bagi pengembangan karakter dan kompetisinya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
4. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam strategi belajar mengajar dan manajerial dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan pembelajaran.
5. Menghasilkan dan mengaplikasikan temuan riset dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.
6. Menjalin komunikasi antara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan regional.
7. Menciptakan suasana apresiatif terhadap kekayaan bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mendatangkan para ahli dan praktisi yang menginspirasi pengembangan lembaga dan lulusan.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia terdiri dari tiga bidang, yaitu:
1. Pengembangan Organisasi;
2. Pengembangan sumber daya manusia (SDM);
3. Pengembangan sarana dan prasarana;
Sasaran tersebut akan dicapai melalui strategi pencapaian sasaran yang dibuat secara bertahap dan periodik.