Seminar Nasional “Membangun Budaya Literasi di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini” Meriahkan Hari Aksara Internasional

Posted on

Sabtu, 7 September 2024 Hari Aksara Internasional dirayakan dengan penuh semangat melalui Seminar Nasional bertema “Membangun Budaya Literasi di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini” yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI). Acara yang dihelat di Auditorium Kampus Untirta Sindang Sari ini sukses menarik perhatian sekitar 1.300 peserta dari seluruh wilayah Banten.

Seminar ini dihadiri oleh Dekan FKIP Untirta, Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Abdul Fatah, M.Pd, serta Ketua dan Sekretaris PW HIMPAUDI Provinsi Banten, Dr. Hj. Euis Rusmalina, MM, dan Dr. Mutoharoh, S.Pd.I., M.Pd. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Pengurus HIMPAUDI. Para peserta mendapatkan kesempatan langka untuk mendalami berbagai topik terkait literasi dan pendidikan anak usia dini melalui paparan dari para pemateri.

Pemateri Kegiatan ini :

1.       Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si membuka seminar dengan materi berjudul “Membangun Budaya Literasi di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini”. Dalam sesi ini, beliau menyajikan strategi-strategi efektif untuk menanamkan budaya literasi sejak dini, yang menjadi kunci penting dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis anak-anak.

2.       Dr. Irma Yuliantika, M.Pd melanjutkan dengan presentasi tentang “Rancangan Pembelajaran Abad 21”. Dr. Irma menjelaskan metode-metode pembelajaran modern yang relevan dengan tuntutan zaman, serta bagaimana mendesain kurikulum yang memfasilitasi perkembangan keterampilan abad 21 bagi anak usia dini.

Seminar ini berlangsung dalam suasana yang penuh antusiasme, dengan diskusi yang dinamis antara pemateri dan peserta. Para peserta, yang terdiri dari pendidik, tenaga kependidikan, serta pemerhati pendidikan anak usia dini, terlihat sangat antusias dan aktif dalam bertanya serta berdiskusi.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang produktif, di mana para peserta dapat menggali lebih dalam tentang penerapan materi yang telah disampaikan. Seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun budaya literasi di lingkungan pendidikan anak usia dini dan mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan di abad 21.