Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta Sukses Gelar Workshop Kolaboratif

Posted on

Rabu, 22 Mei 2024  Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta menggelar workshop pendampingan kelas kolaboratif dan partisipatif bagi guru matematika se-provinsi Banten. Acara ini berlangsung di Aula Karakter Jawara Kampus FKIP Untirta Ciwaru. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memperkaya wawasan dan keterampilan guru matematika melalui pendekatan praktis dan partisipatif.

Workshop dihadiri dan dibuka oleh Dekan FKIP Untirta, Dr. Fadlullah, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya menekankan fleksibilitas matematika dalam berbagai situasi dan profesi dan Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Hepsi Nindiasari, M.Pd., menyampaikan harapannya agar workshop ini dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi para guru. Kegiatan ini diikuti oleh Seluruh Dosen Jurusan Pendidikan Matematika dan MGMP Matematika di Provinsi Banten.

Salah satu momen penting dalam workshop ini adalah penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Implementasi Akademik (IA) dengan berbagai MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan sekolah-sekolah yang hadir. Ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kerja sama antara Untirta dan lembaga pendidikan di Banten.

Materi utama workshop mengenai “Pembelajaran Kelas Kolaboratif dan Partisipatif” dipaparkan oleh Hendro Pramono, S.Pd., dari CV Madani Berkah Teknologi, dengan Yusuf Junaedi, M.Pd., dari Universitas La Tansa Mashiro sebagai moderator. Narasumber menjelaskan bahwa pembelajaran kolaboratif adalah metode yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil guna mencapai tujuan bersama. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, narasumber menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, di mana guru berperan sebagai fasilitator. Guru membantu mengarahkan diskusi dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mencari solusi dari permasalahan yang diberikan. Metode ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, sehingga siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta dan panitia, serta ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Workshop ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan inspirasi bagi guru-guru matematika dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kolaboratif dan partisipatif di kelas mereka.