728 x 90

FKIP Untirta Menjadi Tuan Rumah dalam Kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Fkip Negeri Se-Indonesia Tahun 2018

FKIP Untirta Menjadi Tuan Rumah dalam Kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Fkip Negeri Se-Indonesia Tahun 2018

Para Wakil Dekan Bidang Akademik Anggota FORKOM Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia mengadakan Workshop Pengelolaan Jurnal FKIP Negeri Se-Indonesia yang bekerja sama dengan FORKOM Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia pada hari Senin tanggal 23 April 2018 bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu Serang. Kegiatan di awali dengan acara pembukaan pada hari Minggu Malam tanggal 22 April 2018, dihadiri oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., Ketua FORKOM Prof. Sofendi, M.A., Ph.D., Dekan FKIP Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd., Para Wakil Dekan FKIP Untirta, Para Wakil Dekan I Perwakilan FKIP Negeri Se-Indonesia, Para Ketua Jurusan FKIP Untirta, dan Para Pengelola Jurnal FKIP Untirta.

Malam pembukaan dimulai dengan tarian sambutan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan dengan membawakan tarian Langen Maita. Setelah itu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Ahmad Zaky El-Islami, M.Pd. Sebelum lanjut ke acara sambutan-sambutan, seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Selanjutnya laporan ketua pelaksana yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Untirta Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si., beliau mengucapkan selamat datang di Kota Serang kepada seluruh tamu undangan, beliau menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas jurnal-jurnal di FKIP Negeri seluruh Indonesia, tujuan pertemuan ini ada 4, yaitu pertukaran naskah antar jurnal, pertukaran sitasi agar sitasi masing-masing universitas akan meningkat, pertukaran editor antar jurnal FKIP seluruh Indonesia, dan kerja sama penelitian antar pengelola jurnal di lingkungan FKIP. Pak Suroso melaporkan ada 17 dari 30 FKIP Negeri yang hadir dalam kegiatan ini, dari Aceh hingga Papua hadir mewakili. FKIP Untirta memiliki 19 Jurnal, 13 diantaranya telah ter-indeks DOAJ, 4 jurnal dalam proses review, dan 2 jurnal sedang dalam persiapan. “Para Wakil Dekan I ini adalah pakar di bidangnya masing-masing, dan pada hari Selasa nanti sudah ada 7 Wakil Dekan yang bersedia untuk memberikan Kuliah Umum di Kampus FKIP.” tutup Pak Suroso dalam laporannya.

Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua FORKOM FKIP Negeri Se-Indonesia Prof. Sofendi, M.A., Ph.D. beliau menginformasikan sejarah berdirinya  FORKOM pada bulan Februari tahun 2006 yaitu adanya keresahan pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia dalam berkomunikasi, berkoordinasi dan menginformasi sesama FKIP Negeri seluruh Indonesia, oleh karena itu disepakati untuk mendirikan forum, untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia. Salah satu kegiatan rutin FORKOM Ini adalah pertemuan pimpinan FKIP negeri seluruh Indonesia, dalam hal ini salah satunya adalah pertemuan antar Wakil Dekan Bidang Akademik untuk saling bertukar informasi agar seluruh jurnal di FKIP dapat ter-akreditasi atau terindeks scopus pada saatnya nanti. “Memang kita sadari dalam penulisan jurnal ini yang sangat bermasalah adalah untuk go international adalah Bahasa inggris dimana yang menjadi tantangan kita. Semua FKIP memiliki jurusan Bahasa Inggris, sehingga nanti bisa saling backup.” Lanjut Bapak Sofendi. Diharapkan agar hasil workshop ini disampaikan kepada  yang tidak sempat hadir, agar semua mendapat informasi. Hasil kegiatan ini akan ditindaklanjuti pada pertemuan puncak FORKOM Pimpinan FKIP di Solo pada bulan Juli, agar saling menginformasi sehingga FKIP seluruh Indonesia dapat maju.

Sambutan selanjutnya adalah Dekan FKIP Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. beliau menceritakan sejarah Untirta dan sejarah FKIP Untirta. Beliau mengatakan bahwa dulu jurnal bukanlah hal yang penting, namun sekarang jurnal adalah sesuatu yang dikelola secara serius karena penting untuk kenaikan pangkat dan lain-lain. Di FORKOM, setiap ada kemajuan-kemajuan di FKIP Negeri seluruh Indonesia, kami selalu sharing dan saling bertukar informasi tentang akreditasi, hingga Untirta dapat belajar dan bekerja sama. Begitu juga dengan kegiatan workshop pengelolaan jurnal ini dapat membuat kita lebih mudah. “Diharapkan ke depannya juga ada kegiatan pertukaran mahasiswa antar mahasiswa FKIP seluruh Indonesia, mungkin nanti akan ada pertemuan para wakil dekan bidang kemahasiswaan FKIP seluruh Indonesia” pungkas Bapak Aceng. Sambutan terakhir sekaligus pembukaan kegiatan oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., acara ditutup dengan pertunjukan tarian dan berfoto bersama.

            Keesokan harinya pada hari Senin tanggal 23 April 2018, diadakan Workshop Pengelolaan Jurnal FKIP Negeri Se-Indonesia dengan mengundang narasumber dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Dr. Parmin, M.Pd. yang menjelaskan mengenai problem pengelolaan jurnal dan penerbitan jurnal (naskah, jurnal cetak, jurnal online) dan Yoris Adi Maretta, S.Pd. yang menjelaskan mengenai pengelolaan jurnal menuju jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Workshop Pengelolaan Jurnal FKIP

            Pada hari terakhir, Selasa 24 April 2018 bertempat di Kampus FKIP Ciwaru, 7 Wakil Dekan Bidang Akademik memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa FKIP, yaitu :

  1. Abdurrahman, M.Si. yang menjelaskan STEM Learning Approach in Science/Physics.
  2. Debora, M.Pd. yang menjelaskan Manajemen Pendidikan.
  3. Zulirfan, M.Si. yang menjelaskan Creative/Innovative Thinking dalam pembelajaran sains/fisika.
  4. Hartono, M.A. yang menjelaskan Pendekatan Keterampilan Proses Sains.
  5. H. Anshari Syafar, M.Sc. yang menjelaskan Applying Howard Gardner’s Multiple Intelligence in EFL Teaching and Learning.
  6. Hari Wahyono, M.Pd. yang menjelaskan Teknik Kata Kunci dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  7. Priyono Tri Febrianto, M.Si. yang menjelaskan Sosiologi Pendidikan.

Posts Carousel